Mencapai berat badan ideal (bbi)

berapakah_berat_badan_ideal_sayaKenapa orang yang kurus susah mencapai berat badan ideal? itu pertanyaan yang selalu ada diotakku sejak masa sma. kok bisa gitu padahal menurut teori supaya BB ( berat badan loh bukan bau badan) bisa bertambah maka kalori alias energi yang masuk harus lebih besar supaya energi yang lebih bisa tersimpan dalam tubuh. tp dalam prakteknya gimana? walaupun sudh melanggar semua autran diet – ngemil terus, makan nasi goreng, gorengan sebelum tidur, makan coklat, dan semua makanan yang berkalori dan berlemak tinggi, klo dihitung-hitung semau itu bisa sampai 3000 kalori padahal yang dibutuhkan hanya sekitar 2000 kalori. tapi kenapa berat badan tak kunjung bertambah? kemana larinya 1000 kalori tadi?

akhirnya sekarang (setelah aku mendapat mata kuliah gizi) baru aku sadar bahwa tubuh kita ini sudah diatur secara gebetik, untuk menjadi kurus, ideal dan gemuk. didalam tubuh kita ternyata ada yang disebut Fat Level Point (FLP)atau kadar lemak dalam tubuh, nah si FLP akan berusaha menjaga kadar lemak dalam tubuh kita konstan, misalnya seseorang dengan FLP 10%, maka walaupun dia makan sebanyak apapun berat badannya tidak akan bertambah karena tubuh akan berusaha mempertahankan level lemak dalam tubuh tetap 10% dengan jalan meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, jadi tidak ada gunanya menambah berat badan dengan cara menambah masa lemak didalam tubuh, yang ada nanti malah timbul dislipidemia alias gangguan metabolisme lemak akibat konsumsi lemak yang tidak benar. ujung2nya bisa mati muda kena serangan jantung koroner…

jadi bagaimana cara menambah berat badan yang aman dan sehat? jawabannya cuma satu : dengan jalan menambah masa otot. tapi bagaimana cara menambah masa ototnya? gampang sekali, cukup dengan latihan beban maka otot akan terstimulasi untuk membesar, tentunya dengan didukung dengan makanan tinggi kalori dan tinggi protein serta istirahat ( ingat brur, otot bertambah saat tidur bukan pada saat latihan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: